Kamis, 10 November 2011

BAHAYA MERAWAT KELINCI & KUCING

Bener ga sih kucing dan kelinci punya virus yang bisa bt cewe mandul ?

Sejauh ini tdk ada masalah bagi wanita penyayang binatang (seperti kucing, kelinci, anjing dll) terhdp mslah kesehatan reproduksinya. Hanya saja, dgn syarat hewan kesayangannya harus bersih &terjaga kesehatannya.
memang Benar, Kucing adalah salahsatu hwn yg bisa menularkan penyakit penyebab mandul, yakni Toksoplasmosis. agen penyebabnya adalah parasit (protozoa) yakni Toksoplasma gondii. Bukan virus.Toksoplasma ini dapat hidup (menyerang) pada hampir semua hewan dan manusia, tetapi Induk semang utamanya adalah kucing.

Di dalam tubuh kucing toksoplasma dapat berkembang dengan jalan perkawinan dan tanpa perkawinan. Melalui perkawinan, toksoplasma di dalam tubuh kucing pada akhirnya akan menghasilkan ookista atau telur yang sangat kecil. Hanya kucing yang dapat mengeluarkan ookista toksoplasma. sehingga Ookista inilah yang menjadi sumber penyebaran toksoplasma pada individu lain (kelinci, anjing, sapi, kambing, domba, termasuk manusia dan kucing itu sendiri).
  oleh sebab itu, jagalah kucing anda, jangan mmbuang feses sembarangan. cucilah sayur/makanan fresh yg akan anda makan agar tidak seperti kelinci yg makan sayuran yg terkontaminasi dgn ookista toksoplasma.

Namun demikian, dapat ditambahkan juga untuk dapat menyerang dengan baik, ookista membutuhkan persyaratan khusus. Ookista harus mengalami sporulasi. Tanpa menjalani proses tersebut meskipun individu tersebut menelan banyak sekali ooksita tidak akan terjadi apa-apa di dalam tubuhnya. Jadi ookista harus mengalami sporulasi agar menjadi infektif. Sporulasi terjadi bila kondisi mendukung, media yang lembab, terdapat oksigen dan tidak terkena/terpapar sinar matahari. Ookista yang sudah mengalami sporulasi di dalamnya mengandung 4 tachizoid. Ookista yang sudah mengalami sporulasi dan tidak masuk ke individu lain akan mati dalam 3 hari. Bila ooksita infektif tadi tertelan, maka di dalam tubuh kulitnya telurnya terbuka dan takizoidnya akan menyebar dan melakukan infeksi.
   

Selain melalui ookista, individu dapat terserang toksoplasma melalui bradizoid. Bradizoid adalah bentuk toksoplasma yang berada di jaringan. Kucing dapat terserang toksoplasma bila memakan tikus yang menderita toksoplasma, manusia dapat terserang toksoplasma bila memakan daging yang mengandung toksoplasma (bradizoid). Beberapa penelitian juga menduga bahwa ayam juga dapat menderita toksoplasma, yang memakan bahan-bahan yang tercemar ookista infekstif.
Banyak sekali jalur penyebaran toksoplasma. Sehingga mestinya kita tidak sangat gampang menyalahkan kucing yang menjadi penyebab seseorang menderita toksoplasma.

0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates